Yuk Jadi Remaja Bermakna!

Hallo Genrengers!

Kamu udah tau belum terkait Meaningful Youth Participation (MYP)? Nah kira ulas bersama, Yuk!

Perlu Genrengers ketahui, Meaningful Youth Participation (MYP) atau partisipasi anak muda yang bermakna, merupakan prinsip di mana anak muda dapat berpartisipasi di semua tahap pengambilan keputusan dalam organisasi dan program-program yang dilaksanakan. The U.S. National Commission on Resources for Youth mendefinisikan partisipasi anak muda sebagai pelibatan anak muda untuk melakukan suatu tindakan yang bertanggung jawab, baik dalam merencanakan dan/atau membuat keputusan yang berpengaruh terhadap diri mereka sendiri maupun orang lain. 

Apabila kita mengulas balik partisipasi anak muda, ternyata Roger Hart dalam buku Children’s Participation from Tokenism to Citizenship (1992) pun pernah membuat sebuah model partisipasi anak muda bermakna. Hart’s Ladder of Youth Participation dibuat untuk melihat sejauh apa partisipasi anak muda dalam suatu organisasi dan program tertentu, serta bagaimana bentuk kolaborasi antara anak muda dan orang dewasa.

Nah Genrengers, dalam tahapan apa ya remaja bisa berpartisipasi? Yup! berikut tahapan remaja dapat berpartisipasi dengan penuh makna!

  1. Identifikasi masalah
  2. Pengembangan program dan kebijakan, 
  3. Implementasi
  4. Monitoring dan evaluasi

Kalau ada pertanyaan “Memangnya remaja udah siap ya berpartisipasi?”, Jawabannya “Tentu dong!”. Berdasarkan konsep psikologi perkembangan menurut Hurlock. Terdapat sikap dan perilaku pada perkembangan masa remaja yaitu:

  1. Mampu menerima keadaan fisiknya
  2. Mampu menerima dan memahami pengaruh usia dewasa
  3. Mampu membina hubungan baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis
  4. Mencapai kemandirian emosional
  5. Mencapai kemandirian ekonomi,
  6. Mengembangkan konsep dan keterampilan intelektual untuk melakukan pengaruh sebagai anggota masyarakat,
  7. Memahami dan menginternalisasikan nilai-nilai orang dewasa
  8. Mengembangkan perilaku tanggung jawab sosial
  9. Mempersiapkan diri untuk memasuki perkawinan
  10. Memahami dan mempersiapkan berbagai tanggung jawab kehidupan keluarga

Nah gimana genrengers? Ternyata kita remaja memiliki keterampilan dan pengetahuan mumpuni untuk dilibatkan dalam pembangunan lhoo! Untuk itu, mari bersama berkomitmen berpartisipasi secara bermakna demi dunia yang damai, adil, dan berkelanjutan.

Salam Genre! 

Penulis: Ajeng Dinantika Rahayu – Genre DKI Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *